Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI di Bukittinggi Semarak

Bukittinggi (SumbarOne).- Meski cuaca mendung, namun pawai alegoris yang digelar pemko Bukittinggi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia  berlangsung semarak.Mulai dari lapangan kantin hingga jam Gadang  Kota Bukittinggi penuh sesak bak lautan manusia Sabtu (19/8).

"Alhamdulillah, dampaknya terasa luar biasa, kami yakini ratusan ribu orang tumpah ruah ke pusat kota Bukittinggi, efek domino terhadap jual beli warga dipastikan meningkat," kata Wako Bukittinggi, Erman Safar.

Walikota didampingi wawali Marfendi  menyebutkan dari 154 lebih kelompok dari berbagai unsur yang menjadi peserta Pawai Alegoris, pemko Bukittinggi  membawa keikutsertaan warga yang ikut menyaksikan beragam atraksi.

Dalam satu kelompok katanya, bahkan ada yang terdiri dari 50 orang, satu orang saja membawa keluarga, ini sudah sangat ramai. Hal ini sangat  dampak instan untuk ekonomi warga Bukittinggi di setiap kegiatan yang digelar.

Kota Bukittinggi  katanya merupakan kota sejarah , punya peran penting dalam perjuagan kemerdekaan Indoensia. Untuk itu kita harus memaknai dan menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Sudah 78 tahun Indonesia  merdeka, tentu harus kita rayakan. 

Bukittinggi jelasnya, menjadi satu satunya kota di Sumatera yang mendapat penghargaan tingkat nasional, semoga penghargaan ini  dapat dipertahankan dan ditingkatkan tahun ini

“Bukan prestasinya yang dikejar, namun bagaimana perhatian dan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Kota Bukittinggi menjadi daerah tujuan utama kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, tidak saja di hari libur nasional namun juga di setiap pekannya khususnya di libur Lebaran.

Erman Safar turut menyampaikan apresiasi kepada lembaga penyelenggara yang memilih Kota Bukittinggi dalam kegiatan yang berdampak ekonomi luas bagi warga.

Setiap kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang membuat kepada perkembangan ekonomi di Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi.

“Dengan banyaknya kegiatan itu, ekonomi masyarakat kota Bukittinggi dapat merasakan langsung dampak pertumbuhan untuk UMKM di Kota Bukittinggi hari ini,” katanya.(Rid/*)