Semangat Kemerdekaan Daerah Terpencil di Sumbar, Pagadih Laksanakan Upacara HUT RI ke-78


Pagadih Palupuh Agam, sumbarone.com
Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 tidak hanya digelar di pusat-pusat kota, tapi daerah terpencil juga punya semangat kemerdekaan yang bergelora.

Salah satunya yang dilakukan oleh masyarakat di Nagari Pagadih, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar upacara peringatan HUT RI di halaman kantor Walinagari Pagadih yang dilingkari keindahan alam dan kesejukan udaranya. Namun semangat kemerdekaan yang tumbuh dari warga masyarakat upacara terlaksana dengan baik.

Meskipun terletak jauh dari pusat pemerintahan, semangat untuk kemajuan dan pembangunan tetap berkobar di setiap jiwa anak muda di Nagari Pagadih.

Bertindak selaku inspektur upacara Walinagari Pagadih Aliwar dihadiri seluruh unsur yang ada di Nagari Pagadih sekitarnya dengan pasukan pengibar bendera pelajar SMPN 3 Palupuh Pagadih.

Alhamdulillah upacara berjalan lancar dan sukses. Dilanjutkan dengan temu ramah dengan tokoh dan warga masyarakat, terkait untuk kemajuan dan perkembangan nagari Pagadih.


Tokoh pemuda setempat, Madrid Ramadan mengatakan, Nagari Pagadih tidak hanya mengalami tantangan geografis, tetapi juga keterbatasan aksesibilitas.

“Akses jalan yang belum merata menjadi masalah utama yang dihadapi oleh warga di Pagadih. Sebab itu, pemuda-pemuda di sini bersatu dalam tekad untuk maju lebih baik lagi,” kata Madrid, Kamis (17/08/2023) selesai upacara peringatan HUT RI di Pagadih

Madrid berpendapat, bahwa akses jalan yang baik akan membuka pintu peluang baru, menghubungkan mereka dengan dunia luar, serta mempercepat perkembangan ekonomi dan sosial daerah ini.

“Meskipun mungkin tersembunyi dari sorotan nasional, kami memiliki bakat dan semangat untuk berkontribusi pada kemajuan Indonesia,” ungkap Madrid. (Ys-one)