Penguatan Moderasi Beragama, Kementerian Agama Kota Bukittinggi Gelar Pembinaan


Bukittinggi, (SumbarOne)--Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, baik dari aspek suku budaya, bahasa, maupun agama. Ada enam agama besar yang hidup di Indonesia yaitu Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha dan Khong Hu Cu. Selain itu, hidup pula beberapa agama minoritas dan kepercayaan lokal. 

Kemajemukan tersebut merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri, dirawat dan dijaga dengan sepenuh hati. Salah satu upaya mensyukuri, merawat dan menjaga kemajemukan tersebut dengan Moderasi Beragama. Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap dan praktek beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan, dan membangun kemaslahatan umum yang berlandaskan prinsip adil, berimbang serta taat pada konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. 
Moderasi Beragama diwujudkan dengan pembentukan Kampung Moderasi Beragama. Kampung Moderasi Beragama adalah Kampung dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat.


Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Bimas Islam bersinergi dengan Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Kelurahan Kubu Gulai Bancah melaksanakan Program Penguatan Moderasi Beragama Senin (04/12( bertempat di Aula Kantor Lurah Kubu Gulai Bancah.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 Orang peserta dari berbagai unsur yang ada di Kelurahan Kubu Gulai Bancah. dibuka oleh Lurah Kubu Gulai Bancah,  Indra Heldi.

Dalam sambutannya Indra Heldi menyampaikan bahwa program Moderasi Beragama merupakan Program Nasional sebagai wadah mempererat persatuan, memperkuat toleransi dan menghormati antar umat beragama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Kasi Bimas Islam, H. Zulfikar didampingi Kepala KUA Mandiangin Koto Selayan, Syarifuddin dan Pelaksana Seksi Bimas Islam, H. Deden Muhammad Syukri menyampaikan arahan sekaligus bertindak sebagai pemateri perdana pada kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama ini


H. Zulfikar menyampaikan, "Moderasi Beragama sebagai Program prioritas/utama dari pusat sampai ke daerah yang mana langsung dilaunching oleh Menteri Agama beberapa waktu lalu, dengan Kelurahan Kubu Gulai Bancah merupakan salah satu pilot projects program tersebut," tuturnya.