Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Lahar Dingin di Jorong Galuang Mulai Berdatangan




Sungai Pua, (sumbarone.) - Bantuan untuk korban banjir lahar dingin Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam mulai berdatangan, terutama dari PMI Provinsi Sumatera Barat, Senin (13/05/2024) di Posko gabungan PMI Bukittinggi dan Agam di SDN 05 Jorong Galuang.

Bantuan dari PMI Provinsi Sumatera Barat diterima langsung oleh Ketua PMI Bukittinggi Chairunnas dan akan dibagikan berdasarkan skala prioritas menurut kebutuhan masyarakat," kata Chairunnas, Ketua PMI Bukittinggi.

Bantuan datang dari PMI Provinsi Sumatera Barat dan Masyarakat Bukittinggi - Agam ke Posko PMI Bukittinggi di SDN 05 Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, berupa : Family kit, Kain sarung, Selimut, Sarung tangan latex, dan lainnya

"Posko yang berlokasi di SDN 05 Galuang, Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, merupakan Posko Gabungan PMI Bukittinggi dan PMI Kabupaten Agam, dengan membentuk Tim Assasment, Tim evekuasi, Tim Pencarian, dan Tim Pembersihan Pasca Bencana, membuka Posko Logistik, serta Aktif dalam Kegiatan Administrasi Posko," tambah Chairunnas.

Bagi masyarakat yang ingin membantu warga terdampak bencana, tim PMI sudah memetakan kebutuhan warga, diantaranya : Selimut, Bantal, Sarung Tangan Latex, Masker, Pampers Lansia, Tikar, Matras, Kasur, Family Kit, Baby Kit, Hygent Kit, Air Bersih, Tenda, Obat - Obatan, Pakaian, dan Makanan siap saji

Adapun hambatan di lapangan, yaitu material sisa bencana yang cukup besar, menghambat pencarian korban, akses jalan banyak yang rusak dan digenangi lumpur.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bukittinggi M.Syukri turut hadir dalam Pencarian korban dan evakuasi material pada Senin (13/05/2024), menyebutkan bahwa tim telah melakukan secara bersama tim gabungan yang telah hadir dengan sukarela dari: Pemuda Pancasila Kota Bukittinggi, dari Polri, TNI, Polairud Polda Sumbar, Tim Medis Dinkes Agam, KSB Banuhampu dan Sungai Pua.

Relawan PMI Kabupaten Agam dan Bukittinggi, Basarnas,Tagana, Pemerintah Nagari, HI, DKK Kabupaten Agam, Puskesmas Sungai Pua, dan masyarakat, " Ungkap.

Adapun titik Goro di Galuang Sungai Pua dipusatkan di mesjid Raya Galuang. Khusus PP Kota Bukittinggi menurunkan 15 orang sebelumnya juga telah turun di Bukik Batabuah, kata M. Syukri. (Ys-one)