Raih Juara di O2SN Tingkat Kabupaten, Tiga Pelajar Harumkan SMPN 1 Betung

Kepsek dan Wakasiswa SMPN1 Betung bersama siswa-siswi peraih juara O2SN tingkat Kabupaten

BETUNG, SUMBARONE.ID - Tiga pelajar SMPN 1 Betung menorehkan prestasi diajang Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2024 yang dipertandingkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan O2SN ini, dilaksanakan selama 3 hari dari 7 Mei sampai 9 Mei 2024 yang diikuti seluruh SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Banyuasin.

Ada enam Cabang Olahraga yang dipertandingkan, yang dihelat dibeberapa Lokasi diantaranya, Cabor Atletik Kids, Senam dan Karate yang berlokasi di SMPN 1 Sembawa, Cabor Bulu Tangkis di Aula Kemenag Kabupaten Banyuasin, Cabor Pencak Silat di Aula Disporapar Kabupaten Banyuasin dan Cabor Renang di Kolam Renang Tanah Mas Talang Kelapa. 

Dari hasil lomba ini, siswa-siswi SMPN 1 Betung, berhasil meraih juara 3 di dua Cabang Lomba, yaitu Anindia Rahmadani Irawan, siswi kelas 7 pada Cabor Karate Perorangan Putri dan Febrino Cika Ananta, siswa kelas 8, pada Cabor Karate Perorangan Putra serta Gufron Suryawan, siswa kelas 7 pada Cabor Bulu tangkis (Badminton). 

Menurut Eka Haryanto, SPd selaku guru pembimbing cabor karate, mengatakan bahwa mereka sudah menyeleksi Siswa-siswi yang berprestasi di SMPN 1 Betung untuk O2SN dari bulan Januari ada 6 orang untuk cabang karate. Mereka semuanya baru pertama kali ikut dalam kegiatan O2SN ini. “Alhamdulillah masih meraih juara tiga untuk komite individu putra dan putri. Meski baru pertama kali siswa-siswi ikut lomba dicabor karate mereka masih meraih juara tiga. Kedepan, kita berharap lebih mempersiapkan lagi atlit-alelit bisa menjuara tingkat kabupaten dan ketingkat propinsi,” ungkapnya .

Ditempat yang sama, Anindia Rahmadani Irawan, siswi kelas 7, yang meraih juara tiga, cabor karate untuk komite kata perorangan ini saat di wawancarai jurnalis ini mengatakan sangat bangga walaupun hanya meraih juara tiga, kedepannya akan lebih giat lagi berlatih agar bisa meraih juara pertama di tingkat kabupaten. “Kedepan, insyaallah saya giat berlatih untuk meraih juara 1,” ujarnya.

Adi Candra, SPd. MSi, Kepala SMPN 1 Betung didampingi Sepriansyah, SPd wakil kesiswaaan saat disambangi media jurnalis ini dikantornya, mengatakan bahwa merasa bangga dengan prestasi yang diraih siswa -siswinya dalam diajang Lomba O2SN tingkat kabupaten. 

Pihak sekolah menjaring bibit-bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan dan Menghasilkan siswa terbaik di masing-masing cabang olahraga yang mampu berprestasi mengharumkan nama sekolahnya.

Dia berharap kedepannya dapat meningkatkan kondisi kesehatan siswa dalam rangka mendukung peningkatan kualitas akademis. Untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah, sehingga nantinya diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga baik di tingkat lokal, propinsi. (DA)