Enam Tiket melaju ke Provinsi, 10 Siswa SMP Negeri 6 Sawahlunto Raih Juara

 
SAWAHLUNTO, SUMBARONE.ID - sepuluh sepuluh siswa dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Sawahlunto Raih juara Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Nasional (OSN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kota Sawahlunto untuk tahun pengajaran 2023/2024. Prestasi ini mengantarkan enam orang untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Sumatera Barat untuk meraih tiket menuju kompetisi Nasional, sebuah prestasi yang tidak hanya menyenangkan bagi sekolah, tetapi juga bagi kota Sawahlunto dan Provinsi Sumatera Barat nantinya.

Keberhasilannya mencakup berbagai bidang kompetisi, mulai dari sains hingga seni dan olahraga. Berikut adalah prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMP Negeri 6 Sawahlunto:
Dwi Nova Reza, siswa kelas 8, meraih juara 1 dalam cabang olahraga Bulu Tangkis (O2SN), Ririn, siswa kelas 7, meraih juara umum dalam cabang olahraga Renang (O2SN), Ananda Putra Perdana, siswa kelas 7, meraih juara 1 dalam Bidang Studi Matematika (OSN), Donela Humaira Syahnez, siswa kelas 7, meraih juara 2 dalam Bidang Studi Matematika (OSN), Faisol (kelas 8) bersama Marsel (kelas 7), meraih juara dalam Seni Pantomim (FLS2N), Balqis Amora, Isharon Novrya, dan Dira Anggraini, siswa kelas 8, meraih juara 3 dalam Lomba Tari (FLS2N), Aliffah Juniati (7) Juara 3 Lagu Solo (FLS2N).

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras para siswa serta dukungan dari guru-guru yang melestarikan lingkungan. 

Kepala SMP Negeri 6 Sawahlunto, Ramayenti, SS, MM, menyatakan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah, siswa kami berhasil meraih juara di ajang O2SN tahun ini. Kami berharap dengan dukungan dan doa dari pihak sekolah dan masyarakat Sawahlunto, mereka dapat menggapai prestasi di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya dengan penuh harap.
Ramayenti juga mengungkapkan harapannya agar pemerintah kota Sawahlunto, Dinas Pendidikan, serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga memberikan dukungan baik secara moril maupun materil, “Dukungan ini sangat penting untuk memotivasi dan mendukung para siswa agar lebih giat dan percaya diri dalam menghadapi kompetisi di tingkat provinsi, " menambahkan.

Yeni Agustin, S.Pd., M.Pd., yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, juga menyampaikan penghargaan atas prestasi siswa-siswi SMP Negeri 6. "Keberhasilan ini merupakan kebanggaan bagi kami, keluarga besar SMP Negeri 6 Sawahlunto. Kami bangga dapat mengirimkan siswa untuk mewakili Kota Sawahlunto di ajang O2SN tingkat provinsi nanti,” ungkapnya dengan penuh antusiasme.

Keberhasilan para siswa ini tidak terlepas dari bimbingan para guru yang konservasi. Afriyenni, S.Pd (Yeni Puspita artis Minang legendaris)," membimbing siswa dalam ajang FLS2N, Dalam OSN Matematika siswa dibimbing oleh Desri Yulda, S.Pd, dan untuk O2SN, bimbingan diberikan oleh Aattya Padri, S.Pd. Kolaborasi antara guru pembimbing dan siswa serta dukungan dari pihak sekolah telah melahirkan siswa-siswa berprestasi yang mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi, Dengan bersinergi antara pembimbing dan siswa serta dukungan dari pihak sekolah, kami mampu melahirkan siswa yang kompetitif dan berprestasi,” ungkapnya.

Pencapaian yang diraih siswa-siswi SMP Negeri 6 ini diharapkan menjadi motivasi bagi siswa lainnya di Kota Sawahlunto untuk terus berusaha meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang.

Hal ini tidak hanya penting untuk meraih prestasi, tetapi juga sebagai landasan dan modal untuk meniti karir di masa depan, sehingga mereka dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga, sekolah, dan tentunya kota Sawahlunto.

Dengan dukungan yang terus menerus, diharapkan semakin banyak siswa dari Sawahlunto yang dapat meraih prestasi di tingkat provinsi dan bahkan nasional maupun internasional untuk mengharumkan nama kota dan membuktikan bahwa kerja keras dan semangat pantang menyerah selalu menghasilkan hasil yang manis.(DA)