Julian Pik-R Humaira SMA 5 dan Tania Pik-R Samek I Kemenkes Padang Berhasil Raih The Winner Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi

 
Bukittinggi--(SumbarOne)Julian Felipe dan Tania Aulia Divani berhasil menjadi The Winner pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi yang diumumkan pada Malam Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 di Stasiun Lambuang, Sabtu Malam (15/06).

Hebat, Malam Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 memberikan kesan bermakna bagi pengunjung Stasiun Lambuang,  mereka larut dalam kemeriahan acara bernuansa malam minggu.

Malam apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, tampak dikursi VIP Walikota Bukittinggi Erman Safar, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar, Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Martias Wanto, Kepala DP3APPKB Kota Bukittinggi Nauli Handayani, pejabat eselon di lingkungan Pemko Bukittinggi, perwakilan sekolah dan kampus asal peserta dan tamu undangan.


Pemilihan duta Genre ini telah diawali dengan tahapan pendaftaran  peserta online di 10 Januari hingga 25 Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 72 orang. Kemudian, pemberkasan di tanggal 10 Januari hingga 25 Januari 2024,  seleksi administrasi  tanggal 1 Februari 2024 yang menghasilkan  63 peserta memenuhi syarat. Peserta mengikuti test tertulis tanggal 3 Februari 2024 dan menyisakan 43 peserta. Selanjutnya, test psikotes dan wawancara tanggal 20 Februari 2024 dan menyisakan  20 orang yang menjadi finalis.


20 finalis Duta Genre Kota Bukittinggi ini mengikuti pembekalan pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2024 dengan materi public speaking, tugas dan tanggungjawab  duta genre, kesehatan reproduksi remaja dan Modul tentang Kita.


Penjurian akhir berupa penampilan poster dilaksanakan untuk memilih duta motivator. Penjurian penampilan bakat untuk memilih Duta Talenta yang dilaksanakan tanggal 2 Maret 2024. Hal ini seperti yang di jelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan  Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk,dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi, Nauli Handayani dalam sambutannya.

Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan  Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk,dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi Nauli Handayani menyebutkan  pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) ini mendapatkan dukungan penuh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar yang telah dinobatkan sebagai Ayah Genre dan Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar sebagai Bunda Genre.






Pemerintah Kota Bukittinggi apresiasi program Generasi Berencana yang diusung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Pemilihan Duta Genre tahun 2024.


Malam Grand Finalis Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Bukittinggi tahun 2024 ini berbeda pelaksanaannya jika dibandingkan dengan kegiatan di tahun sebelumnya.


Tahun ini, Malam Apresiasi itu digelar outdoor yakni dengan memilih kawasan sentra kuliner viral tahun 2024 di Kota Bukittinggi yakni Stasiun Lambuang yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu malam (15/6/2024).


Program Generasi Berencana (Genre) merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa  dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan  di bawah umur, penyimpangan seksual, napza dan terorisme guna menjadi remaja  tangguh sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.


Wali Kota Bukittinggi Erman Safar ketika membuka Malam Apresiasi Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi tahun 2024 mengatakan pemerintah daerah  ingin program Genre mampu membekali generasi muda Kota Bukittinggi  yang pada akhirnya dapat menyelamatkan kota ini, melahirkan pemimpin yang baik,  melahirkan pengusaha yang baik hingga terlahir figur yang berprestasi serta membanggakan di tingkat nasional dikemudian hari.


Wali Kota Erman Safar optimis para duta Genre ini khatam  dengan pemahaman terhadap pencegahan dan bahaya LGBT, perilaku menyimpang, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkotika, hingga bahaya terorisme. Duta Genre menjadi jembatan untuk menyampaikan materi  kesehatan reproduksi, life skill dan penyiapan kehidupan berkeluarga serta pencegahan kasus stunting.


"Dengan mengucapkan acara ini dengan membaca  basmalah, kita buka acara ini secara resmi,"ujar Walikota.


"Program ini bisa memberikan pembekalan bagi generasi muda Kota Bukittinggi, yang pada akhirnya bisa menyelamatkan kota kita, melahirkan pemimpin yang baik, melahirkan pengusaha yang baik, atau orang-orang yang berkarir di tingkat nasional dikemudian hari. Harapan kami pemahaman tentang LGBT, pemahaman pergaulan bebas, pemahaman perilaku menyimpang, ini bisa khatam diperoleh duta Genre ini,"tegasnya (Syafrial)