Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Berduka

Bukittinggi, (SumbarOne)-Innalilahi waiinnailaihi rojiun. Duka cita yang mendalam dirasakan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi. Mantan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi periode 2020-2022, Drs. H. Kasmir, meninggal dunia pada Senin (10/6). 

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair menyampaikan bahwa Drs. H. Kasmir bertugas di Kantor Kemenag Kabupaten Solok Selatan. Beliau pernah menjabat Kepala Kemenag Bukittinggi selama lebih kurang dua tahun, dari 2020 hingga 2022.

"Menurut informasi yang diterima, Drs. H. Kasmir sempat masuk kantor pagi tadi, namun tidak mengikuti apel pagi yang biasanya diadakan pukul 07.30 WIB. Sekitar pukul 08.00 WIB, beliau bersama Kasi Pendis berkunjung ke MTsN 4 Solok Selatan," terangnya.

Selanjutnya kata Tri Andriani Djusair "Pada pukul 11.00 WIB, Kasi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan mengabarkan bahwa beliau masuk IGD RS Pratama Lubuk Malako. Sekitar pukul 12.00 WIB, beliau dirujuk ke RSU MuaraLabuh yang berjarak 50 km dari RS Pratama Lubuk Malako. Namun, sesampainya di RSUD MuaraLabuh, tepatnya pukul 13.00 WIB, beliau meninggal dunia," jelasnya lagi.

Kabar ini sangat mengejutkan rekan-rekannya khususnya di lingkungan kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi "Kami tidak sempat melepas beliau di detik-detik terakhir karena semua terjadi sangat mendadak. Jenazah langsung dibawa ke Padang pada pukul 14.00 WIB, dan kemungkinan sampai di Padang menjelang Maghrib," lanjutnya.


Sementara itu, Syafrial mantan Humas Kemenag Kota Bukittinggi yang selalu mengikuti Drs. H. Kasmir saat bertugas di Kota Bukittinggi, menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam atas kepergian mantan atasannya tersebut.


"Beliau selama bertugas di Kota Bukittinggi sangat baik sekali hubungannya dengan para pegawai Kemenag. Beliau sangat bersahabat, ramah, dan suka senyum. Hubungan beliau dengan para stakeholder di luar kantor juga mendapatkan tanggapan yang baik. Beliau adalah orang baik dan ramah," pungkasnya.


"Semoga Almarhum,  mendapat tempat yang layak di sisiNya, dan keluarga yang tinggalkan hendaknya ikhlas dan tambah melepas kepergiaan beliau. Beliau orang baik InsyaAllah Husnul Khatimah," pungkas Syafrial. (Sutan Mudo/ ***)