KSB Nagari Koto Tuo Kec.IV Koto Lakukan Survey Susur Sungai Tuhuua Dampak Banjir Bandang di Agam


Koto Tuo, (sumbarone.) - Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Koto Tuo lakukan susur sungai terkait dampak bencana banjir bandang (galodo) yang terjadi menimpa wilayah Galudua Koto Tuo.

Susur sungai Tuhuua telah dilakukan sekelompok anggota KSB Koto Tuo pada Sabtu (08/06/2024) kemaren dengan 17 personil, dikomandoi koordinator KSB Soelfana Menggano.

Demikian disampaikan Wali Nagari Koto Tuo Irvan Darwin saat dihubungi selesai melaksanakan susur sungai Tuhua di Koto Tuo, Senin (09/06/2024).

Disebutkan Irvan Darwin dilakukannya susur sungai tersebut oleh sekelompok nggota KSB Koto Tuo untuk melihat dari dekat kondisi Sungai Tuhuua, setelah kejadian galodo tanggal 11 Mei yang lalu, yang menerjang luluh lantakkan wilayah Galudua sekitarnya.

Hasil survey KSB Koto Tuo terdapat beberapa titik rawan yang perlu disikapi oleh pihak Pemda melalui PU Kabupaten Agam yang juga akan meninjau lokasi tersebut, kata Irvan Darwin.

Selain itu juga tim susur sungai melihat dari dekat sehingga kita bisa mengetahui dimana saja titik-titik rawan terjadinya banjir bandang, dan apa yang perlu dilakukan sebagai bahan laporan dan pertimbangan dari pihak Pemda, katanya.
Koordinator KSB Koto Tuo Soelfana Menggano, menyebutkan tim yang telah melakukan susur sungai Tuhuua sebanyak 17 orang terdiri dari laki-laki 16 dan 1 orang anggota perempuan, dan yang lainnya standby di posko wali nagari koto tuo. (Ys-one)