Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024


Bukittinggi, 12 Juni 2024 – Bertempat di Aula MAN 1 Kota Bukittinggi, kegiatan Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Provinsi Sumatera Barat berlangsung dengan sukses. Acara dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kota Bukittinggi H. Hendri Pani Dias, Ketua Kelompok Kerja MA Plus Keterampilan Sumbar H. Muhammad Suhardi, Plt. Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi H. Tri Andriani Djusair, serta Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi Zulfadhli Alfa. Selain itu, para kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru keterampilan dari 12 madrasah aliyah keterampilan di Sumatera Barat juga hadir, dengan total peserta mencapai 69 orang.

Kegiatan ini mengusung tema "Melalui Rakor MA Plus Keterampilan Sumatera Barat, Kita Tingkatkan Profesionalitas Menuju Madrasah Maju, Bermutu, dan Mendunia." Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah yang dipimpin oleh Ibu Elfiana Yosa.

Dalam kata sambutannya, Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Zulfadhli Alfa, S.P menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta rapat. "Selamat datang kepada 12 madrasah aliyah keterampilan yang mengikuti rapat koordinasi atau forum komunikasi pertama di tahun 2024 di MAN 1 Kota Bukittinggi," ujar Zulfadhli.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Plus Keterampilan, Muhammad Suhendri, menyampaikan tujuan utama dari rapat ini. "Pada rapat ini seluruh mapel diharapkan selesai menyusun perangkat pembelajaran dan terbentuknya MGMP keterampilan Sumatera Barat," ujarnya. Ia juga berharap agar seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif dalam membawa nama madrasah ke tingkat nasional, serta mengikuti expo nasional dan rakornas di Kota Waringin, Kalimantan Timur.

Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Hendri Pani Dias, juga memberikan sambutan hangat dan apresiasi kepada para guru yang telah berkiprah luar biasa di bidang keterampilan. Ia menekankan pentingnya publikasi mengenai MA Plus Keterampilan agar produk-produk unggulan bisa lebih dikenal di media massa. "Kita sedang melaksanakan pendataan MA Plus Keterampilan untuk menelisik kembali mana yang aktif dan yang tidak. Pendataan ini dilakukan sampai 30 Juni 2024," tambahnya.

Hendri Pani Dias kemudian membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja ini. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan rapat kerja yang terbagi menjadi tiga sesi: rapat antara kepala madrasah, rapat koordinasi akademik oleh waka kurikulum, dan rapat oleh guru keterampilan mengenai capaian pembelajaran dan hal-hal lainnya.

Acara ini berakhir setelah shalat Zuhur, ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan cendera mata, menandai selesainya Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 di MAN 1 Kota Bukittinggi. (Fadhila)