Siap Dengan Transformasi Baru, MAN 2 Bukittinggi ‘’Kupas” Program Dalam Lokakarya


Bukittinggi, (SumbarOne) Pelaksanaan tahun ajaran baru 2024- 2025 segera di depan mata, MAN 2 Bukittinggi merencanakan berbagai program madrasah dalam menyambutnya. 

Untuk menyamakan persepsi MAN 2 Bukittinggi laksanakan agenda tahunan lokakarya madrasah bertempat di Pemandian Kelok Sikabu, Kab. Agam yang berlangsung pada Sabtu- Ahad (22-23 Juni 2024). 

Lokakarya tahun 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada hari pertama mendatangkan pemateri dari luar madrasah pada 14 Juni lalu.
Roundown acara pertama dibuka langsung oleh kepala madrasah dengan pemaparan Peraturan Pemerintah Nomor 94. Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. 
Ketua pelaksana Lokakarya 2024 yaitu wakil kepala madrasah bidang kurikulum Deswita menyampaikan bahwa lokakarya hari kedua dan ketiga kami adakan di luar madrasah dengan tujuan lebih fokus dan refreshing. 

‘’Lokakarya menjadi wadah untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada dan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya. Antusias peserta luar biasa dan hampir 100%  guru pegawai dapat  menghadirinya. Pembahasan dalam lokakarya akan kita tuangkan dalam KOM dan KTSP sehingga akan menjadi panduan kita bersama untuk satu tahun kedepan," katanya.
Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J memaparkan bahwa kegiatan rutin tahunan lokakarya merupakan sebuah wadah bertemu seluruh warga madrasah dalam membahas berbagai program madrasah tahun ajaran baru, permasalahan atau kendala program yang telah berjalan dan evaluasi program yang telah berjalan.

‘’Sengaja kami buka dengan memaparkan Peraturan Pemerintah Nomor 94. Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dengan tujuan agar kedisplinan menjadi budaya di MAN 2 Bukittinggi. Sebagai sebuah lembaga pendidikan sudah seharusnya disiplin menjadi budaya madrasah dalam bentuk pembiasaan sehari- hari. Dua hari kegiatan lokakarya kita adakan di luar madrasah agar warga madrasah merasakan suasana baru sehingga dengan keadaan ‘’fresh’’ akan terlahir ide- ide baru dan menarik untuk dimasukan dalam program madrasah. Selain perencanaan program baru untuk menyambut tahun ajaran 2024- 2025, pertemuan ini dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban program kepala Tata Usaha, wakil kepala madrasah, kepala perpustakaan dan kepala laboratorium," paparnya.

Selanjutnya kata putra Muaro Labuah Kabupaten Solok Selatan ini. "Melalui Lokakarya 2024 ini kita berharap MAN 2 Bukittinggi dapat hadirkan transformasi baru dengan program- program baru yaitu peningkatan pelayanan pendidikan untuk siswa, peningkatan hasil belajar, dan mutu lulusan sehingga MAN 2 Bukittinggi kedepannya semakin menunjukan eksistensinya. Beberapa pembaharuan yang dirancang yaitu tentang pemantauan disiplin siswa dengan scan QR setiap masuk dan keluar madrasah, pembuatan kelas riset, kerjasama dengan pemilik kos siswa sehingga kami setiap saat dapat memantau keberadaan siswa saat tidak berada di madrasah mengingat hampir 80% siswa MAN 2 Bukittinggi berasal dari luar kota Bukittinggi. Begitu juga dengan promosi madrasah kita tingkatkan pemanfaatan berbagai saluran media sosial sehingga berbagai prestasi dapat kita sampaikan kepada masyarakat. Kedepannya kita berahrap dengan perencanaan baru dan evaluasi yang kita kupas habis selama lokakarya ini dapat menjadikan MAN 2 Bukittinggi menjadi madrasah level menengah di Indonesia dan tentunya menjadi madrasah tujuan dan pilihan," harapnya. (yuli/Syafrial)