Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi Gelar Sosialisasi Kelanjutan DRPPA

Sosialisasi DRPPA oleh Dinas DP3APKB Kota Bukittinggi.  Foto : (ist/rika)

BUKITTINGGI, SUMBARONE.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3APKB) Kota Bukittinggi, mengadakan sosialisasi Desa ramah perempuan  dan peduli anak (DRPPA). Kegiatan ini digelar di hall Kantor Lurah Belakang balok, Jln Proma No. 2a, Belakang Balok, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Rabu (17/072024).

Pada kegiatan sosialisasi DRPPA ini, Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi mengundang seluruh perangkat kelurahan sekota Bukittinggi yang dihadiri seluruh Ketua Rt/Rw,  Pengurus PKK Kelurahan, Babinkamtibmas, unsur Kecamatan  serta satgas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di kota Bukittinggi.

Yenni Astuti SKM MM, selaku Kabid PUG PP menyampaikan DRPPA adalah Desa yang berperspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia ke depan.

"Perlunya  menciptakan Desa ramah perempuan dan peduli anak tidak luput dari peran kita bersama karna pada zaman saat ini banyak sekali terjadi kejahatan kejahatan kriminal, masalah kekerasan dalam rumah tangga,serta pelecehan seksual" ucap Yenni

"Karna itu dalam kegiatan ini kita perlu saling koordinasi dan saling membantu untuk mengatasi semua masalah masalah kejahatan" lanjut Yenni

Sementara itu, menurut Wanda Lesmana, salah satu  tokoh peduli anak, Yayasan Ruang Anak Dunia.  Yang dalam kegiatan ini dihadirkan sebagai narasumber menjelaskan bahwa dalam mewujudkan terciptanya DRPPA ditiap-tiap desa terdapat sepuluh indikator untuk mewujudkannya secara optimal. 

"Sepuluh indikator tersebut diantaranya adalah adanya pengorganisasian perempuan dan anak di Desa, Desa memiliki data pilah yang memuat tentang perempuan dan anak, tersedianya peraturan desa tentang Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, adanya pembiayaan dari keuangan desa dan  pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Desa" jelasnya. (rika)