Korban Kedua Akibat Kebakaran Sumur Minyak Ilegal di Sungai Lilin Ditemukan


Penemuan Korban kedua, akibat sumur minyak ilegal. Foto : (ist) 

S. Lilin, Muba, SumbarOne.id- Upaya pencarian terhadap warga yang tenggelam dialiran Sungai Dawas akibat dampak kebakaran sumur ilegal di bantaran sungai ini membuahkan hasil.

Pada hari kedua operasi, Minggu (30/06/2024) kembali ditemukan 1 orang korban lain. Korban ditemukan oleh tim gabungan terdiri dari Basarnas Palembang, TNI Polri, dan BPBD Muba.

Korban yang ditemukan kali ini adalah Alexander (31) warga Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin.

"Proses pencarian hari ini kembali menemukan 1 orang korban yang tenggelam akibat terdampak kebakaran sumur ilegal di Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin," jelas Kepala BPBD Muba Pathi Ridwan.

Dijelaskan nya Pada pencarian hari kedua Tim Gabungan Pukul 07.00 Wib masih melakukan penyisiran radius 1 hingga 2 km secara bersama-sama dengan masyarakat.

Tim menggunakan speed boat dari titik yang diperkirakan korban tenggelam serta melakukan pengeburan air menggunakan Perahu Lcr.

"Selanjutnya Tim dibagi untuk melakukan penyisiran disisi kiri dan kanan Sungai Dawas Sampai Radius yang telah di tentukan oleh Tim," jelasnya.

"Pada Pukul 12.10 Wib Tim Sar Gabungan Berhasil mengevakuasi korban yang terdampar di pinggiran sungai Dawas, dan korban langsung dibawa kerumah duka," tambahnya.

Dengan sudah ditemukan korban kedua ini, Pathi mengungkapkan Operasi Sar Gabungan Ditutup Satgas Kembali Ke Pos.

Seperti diberitakan sebelumnya kebakaran sumur minyak ilegal terjadi di bantaran sungai dawas tepatnya di dusun Parung Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin.

Sebelum terbakar sumur ini sempat menyemburkan minyak yang memenuhi aliran sungai dawas. Tumpahan minyak inilah yang kemudian memancing masyarakat untuk datang mengambil dengan cara memeras minyak.
Namun, petaka datang sumur tersebut terjadi kebakaran sehingga mengakibatkan beberapa warga berusaha menyelamatkan diri hingga ada yang mengalami luka bakar dan meninggal.

Sebelumnya sudah ditemukan 1 orang korban atas nama Dedi (28) warga Desa Pinang Banjar

Camat Sungai Lilin Tatang Jaswadi Spd Msi saat dikonfirmasi membenarkan ada korban kembali ditemukan.

"Memang benar ada satu lagi korban yang berhasil ditemukan akibat kebakaran sumur minyak di Parung," tutupnya. (*)