KSM Tingkat Kota Bukittinggi Resmi Dimulai

Bukittinggi, (SumbarOne)--Kakan Kemenag, H. Eri Iswandi didampingi Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, H. Amar Albar Antoni membuka secara resmi Kompetisi Sains Madrasah  (KSM ) tingkat Kota Bukittinggi, Senin 01 Juli 2024.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah secara berjenjang dari tingkat Kota hingga tingkat Nasional. Semenjak awal digelar tahun 2012 lalu, KSM menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi.

Untuk tingkat Kota Bukittinggi peserta KSM berasal dari 15 Madrasah se-Kota Bukittinggi terdiri dari 50 peserta individual dan 9 regu. KSM tingkat Kota menurut jadwal akan dilaksanakan dari tanggal 1 sd 3 Juli 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada madrasah dan sekolah yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan KSM tingkat kota Bukittinggi tahun ini. 

“KSM ini merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Diharapkan siswa madrasah Kota Bukittinggi dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga bisa lolos pada ajang KSM tingkat Provinsi. Selain untuk ajang unjuk prestasi KSM tahun ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, ” ujarnya.

KSM tingkat kota Bukittinggi mempertandingkan 6 cabang mata pelajaran untuk tingkat Madrasah Aliyah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi, untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah Matematika, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi, Sedangkan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah yaitu Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Khusus untuk tahun 2024 KSM juga menggelar bidang lomba beregu yang menggabungkan seluruh materi pada setiap jenjang. Para pemenang KSM tingkat kota Bukittinggi ini nantinya akan mewakili Kota Bukittinggi untuk mengikuti KSM tingkat provinsi Sumatera Barat.

Sementara, Plt. Kasi Penmad, H. Amar Albar Antoni mengatakan bahwa KSM tahun ini mengangkat tagline Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia. Tahun ini terdapat format baru dalam pelaksanaannya yaitu terdapat kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian juga menambahkan kompetisi beregu dalam perlombaan KSM tahun 2024 ini.

Disisi lain Kasubbag Tata Usaha, Hj. Tri Andriani Djusair dan pelaksana seksi penmad melakukan monitoring dan membuka pelaksanaan sesi II. (Syafrial)