Sebanyak 810 Kafilah dari 16 Kecamatan Ikuti MTQN Agam XLI di Tilatang Kamang o


Tilatang Kamang, (sumbarone.com) - Sebanyak 810 kafilah dari 16 kecamatan di kabupaten Agam mengikuti MTQN Agam ke-41 dipusatkan di Tilatang Kamang, dengan 13 cabang lomba dimulai tanggal 1 sampai 6 Juli 2024. diharapkan bisa melahirkan para qori-qoriah, hafidz-hafidzah dan para generasi Quran terbaik yang akan mewakili Kabupaten Agam di event yang sama di level yang lebih tinggi.

MTQN Agam ke-41, menjadi ajang khusus bagi Kabupaten Agam dalam mengimplementasikan program strategis bidang keagamaan sesuai visi Agam Madani dalam upaya penyiapan insan masa depan pembangunan terbaik dengan mental agama yang kokoh.

Ketua LPTQ Agam H.Edi Busti, saat menyampaikan laporan dihadapan gubernur Sumbar dan Bupati Agam, dalam pembukaan MTQN Agam ke-41 di lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif, Tilatang Kamang, Selasa, (02/07/2024) Tilatang Kamang.

Dari 810 kafilah MTQN Agam ke-41, mengikuti 13 cabang lomba dengan 37 golongan, sesuai dengan hasil keputusan panitia dan LTPQ Agam sebelumnya.

Cabang yang dilombakan, dalam MTQ ke-41 adalah cabang tilawah, qiraat, hafız, tartil, tafsir, kaligrafı serta MFQ, MSQ, khutbah Jumat dan azan, kitab standar, KTIQ, hafalan hadits dan qasidah, yang pusat kegiatannya disebar di 17 lokasi dalam wilayah kecamatan Tilatang Kamang.

Event tahunan yang digelar , ulas Sekab.Agam itu, merupakan salah satu bagian dan tahapan penting bagi Kabupaten Agam, tidak hanya dalam mendorong dan memotivasi seluruh elemen generasi muda Qurani, wujud realisasi program peningkatan mutu SDM bidang keagamaan yang gencar dilakukan Pemkab.Agam, termasuk penyiapan kafilah Agam dalam menghadapi MTQN Sumbar tahun 2025.

Kita berharap MTQN ke- 41, melahirkan qori qoriah, hafifz hafidzah dan mufassir mufassirah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Agam dalam ajang MTQN tingkat Sumbar yang akan dipusatkan di Kota Bukittinggi tahun 2025 mendatang, jelas Edi Busti. (Ys-one)