Motivasi Peserta Lansia Mengaji, BKMT Kerjasama Dengan Kemenag dan Camat Gelar Lomba Menghafal dan Tahsin Al-Qur'an

Bukittinggi, SumbarOne.Id - BKMT Lansia Mengaji, Menghafal dan Tahsin Al-Qur'an merupakan salah satu program unggulan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Darul Aspani. Diantara binaannya adalah Majelis Taklim se-Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.

Dalam rangka memotivasi sekaligus mengevaluasi program Lansia mengaji  Menghafal dan membaca Al-Quran ini Selasa (20/8) dilaksanakan lomba Hafalan dan Tahsin surat Al-Mulk bertempat di aula Kantor camat setempat. Acara ini diikuti oleh utusan permata BKMT dari masjid/mushalla se-Kec. Guguk Panjang. 

Lomba secara resmi dibuka oleh Camat Kec. Guguk Panjang, Yelrizon didampingi
ketua BKMT Kota Bukittinggi Syamsul Bahri dan ketua BKMT Kec. Guguk Panjang Hj. Yunidar Azis.
Dalam sambutannya ketua BKMT Kecamatan Guguak Panjang, Hj. Yunidar Azis melaporkan. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak sekitar 5 tahun lalu. Setiap tahun dilakukan evaluasi dan lomba dalam rangka memotivasi para peserta. Kegiatan pembinaan lansia mengaji ini dilakukan setiap hari Selasa pukul 13.30 WIB di aula kantor camat Guguak Panjang. Pesertanya adalah utusan tiap permata sejumlah 2 orang dibina langsung oleh ustadz Darul Aspani," jelasnya melaporkan 

Pada kesempatan tersebut Camat Guguak Panjang, Yelrizon mengatakan, Camat sangat mendukung kegiatan ini dengan mengalokasikan sejumlah anggaran. Dan ini bahagian dari kerjasama Pemerintah Kecamatan, BKMT dan Kemenag imbuhnya. 

Di sisi lain, Syamsul Bahri ketua BKMT Kota Bukittinggi mengapresiasi program dan lomba ini sebagai suatu program unggulan dan satu-satunya Kecamatan di Bukittinggi yang rutin setiap tahun mengadakannya.  

Secara terpisah Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi Eri Iswandi merasa bangga dengan program penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Lansia perlu dibimbing untuk penyempurnaan bacaan ayat-ayat terutama yang dibaca dalam shalat. Dan program Lansia Mengaji, Menghafal dan Tahsin Al-Qur'an ini pernah mengahantarkan penyuluh agama ke ajang juara nasional. Ia berharap kerjasama dengan pemerintah dan Majelis Taklim dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan Bukittinggi Kota Qur'ani.(*/Syafrial)